FGD DIP? INOVASI Gak yahhh??
A. A. PENDAHULUAN
11. Latar
Belakang
Dalam meningkatkan pembelajaran, manusia selalu menggunakan sumber belajar dan
media pembelajaran. Sumber belajar dan media ini ada yang dimanfaatkan dan ada
pula yang direkayasa. Keduanya bertujuan untuk mencapai tujuan pembelajaran.
Perkembangan media pembelajaran selanjutnya sejalan dengan perkembangan
Teknologi Informasi dan Komunikasi. Tepatnya di era globalisasi seperti saat
ini penggunaan situs jejaring sosial sebagai media yang berinteraksi sosial
secara online sudah mendunia. Banyak manfaat yang bisa didapat dengan bergabung
dalam situs jejaring social, salah satunya adalah Facebook.
Kepopuleran facebook bahkan menciptakan sebuah inovasi dengan memanfaatkan
situs tersebut sebagai sarana pembelajaran. Seperti yang dilakukan mata kuliah
Difusi Inovasi Pendidikan dengan memanfaatkan hal tersebut. Facebook yang
selama ini lebih sering digunakan untuk bermain, namun sekarang dimanfaatkan
pada pembelajaran difusi inovasi sebagai suatu inovasi pembelajaran saat ini.
Oleh karena itu, saya akan memberikan hasil survey yang akan saya sajikan
kepada teman-teman semua tentang Forum Diskusi Facebook mata kuliah DIFUSI
INOVASI PENDIDIKAN. Untuk mengetahui seberapa besar mahasiswa aktif dalam
mengikuti forum DIP di grup facebook ini.
22. Pertanyaan Survei
“Apakah Forum Group Discussion DIP ini termasuk inovasi
dalam mata kuliah ini?”. Kalau Anda jawab “YES”, atau “NO” atau “YES & NO”,
berikan alasan mengacu pada teori Rogers & Reigeluth. Biasanya mahasiswa/i
kudu pinter cari dan kasih alasan. OK? Met berdiskusi. ( Forum DIP di Facebook,
18 Maret 2014, Pukul 21:47 WIB )
33. Tujuan dan Manfaat hasil survei
· Menganalisis
keaktifan mahasiswa di Forum Facbook DIP 18 Maret 2014, Pukul 21:47 WIB
·
Menganalisis
sejauh mana mahasiswa dapat mengetahui inovasi di Forum Facebook DIP.
·
Mengetahui
mahasiswa yang selalu aktif dalam menjawab Forum Facebook DIP.
44. Responden survei dan teknik survei
Respondennya yaitu mahasiswa Teknologi Pendidikan Reguler
2012 yang mengikuti perkuliahan DIP sebanyak 41 mahasiswa, termasuk 2 senior.
Teknik survei :
· Mendata
mahasiswa yang sudah menjawab pertanyaan 18 Maret 2014, Pukul 21:47 WIB.
· Hitung
dan tabulasi berapa jumlah yang “ngoceh” (menjawab) serta berapa yang “bengong” (tdk menjawab).
· Hitung
dan tabulasi dari yang “nerocos” itu, berapa yang memilih “YES”, “NO”, dan “YES
& NO”.
· Kategorisasi/klasifikasi
serta menghitung frekwensinya.
Disajikan dalam bentuk tabel, diagram batang dan grafik
bulat tiga dimensi.
B. B. HASIL SURVEI
18
Maret 2014, Pukul 21:47 WIB
Jumlah Mahasiswa = 41 Mahasiswa
(termasuk 2 senior)
1. Perhitungan dan tabulasi data
mahasiswa yang sudah menjawab dan belum menjawab diskusi “YES”, “NO”, dan “YES
& NO”.
a. TABEL KEAKTIFAN MAHASISWA
Kategori
|
Frekuensi
|
Mahasiswa
yang Menjawab
|
32
|
Mahasiswa
yang belum Menjawab
|
9
|
Jumlah Mahasiswa
|
41
|
b. DIAGRAM BATANG KEAKTIFAN MAHASISWA
c. Grafik Pie Keaktifan Mahasiswa
Dari data yang ditampilkan diatas, dapat dilihat bahwa dari
total 41 mahasiswa yang terdaftar sebagai anggota page diskusi, terdapat 9
orang yang tidak berpartisipasi dalam menjawab pertanyaan yang diajukan dosen.
Sisanya, 32 orang, menjawab pertanyaan dengan berbagai macam pendapat mereka.
1. Perhitungan dan tabulasi data
mahasiswa yang menjawab “YES”, “NO” dan “YES & NO”.
a. Tabel Jawaban Mahasiswa
Kategori
|
|
Frekuensi
|
YES
|
|
4
|
NO
|
|
9
|
YES
& NO
|
|
18
|
Ragu-ragu
|
|
1
|
Total Mahasiswa Menjawab
|
|
32
|
b. Diagram Batang Jawaban Mahasiswa
c. Grafik Pie
Dari data yang ditampilkan diatas, dapat dilihat bahwa, 4
orang menjawab ‘YES’, 9 orang menjawab ‘NO’, serta 18 mahasiswa menjawab ‘YES
& NO’. Tetapi, ada saja satu mahasiswa yang masih ragu dengan pendapatnya
tentang FGD DIP ini.
1. Kategori Alasan dan Frekuensinya
“YES”
a. Tabel Mahasiswa Menjawab YES
Alasan
|
|
Frekuensi
|
Belum adanya pengalaman pembelajaran
|
|
4
|
Total
|
|
4
|
b. Grafik Batang Mahasiswa Menjawab YES
c. Grafik Pie
Dari data diatas, mahasiswa yang menjawab ‘YES’ saja
memiliki kesamaan dalam memberikan alasan.
“NO”
a. Tabel Mahasiswa Menjawab NO
Alasan
|
Frekuensi
|
Penerapan
E-Learning
|
4
|
Pemanfaatan
sudah ada
|
4
|
Sementara
|
1
|
Total
|
9
|
b. Grafik Batang Mahasiswa Menjawab NO
c. Grafik Pie Mahasiswa Menjawab NO
Dari data diatas, mahasiswa yang menjawab ‘NO’ saja memiliki
karakteristik yang berbeda dalam memberikan alasan.
“YES
& NO”
a. Tabel Mahasiswa Menjawab YES &
NO
Alasan
|
|
Frekuensi
|
Pendapat Pakar
|
|
7
|
Pendapat Pakar dan Hal Baru
|
|
3
|
Hal Baru dan Sudah Ada
|
|
6
|
Menyeluruh dan E-Learning
|
|
1
|
Persepsi Individu
|
|
1
|
Total
|
|
18
|
b. Grafik Batang Mahasiswa Menjawab YES
& NO
c. Grafik Pie Mahasiswa Menjawab YES
& NO
Dari data diatas, mahasiswa yang menjawab ‘YES & NO’
memiliki keanekaragaman dalam memberikan alasan.
A.
C. PEMBAHASAN
Dari data survei yang dihasilkan, terlihat bahwa 78% mahasiswa aktif dalam
mengikuti forum diskusi pada Group DIP REG 2012 pada 18 Maret 2014, Pukul 21:47
WIB . Ini membuktikan bahwa forum diskusi di facebook pada perkuliahan DIP yang
di share oleh dosen, dan mahasiswa yang masih berkomentar terakhir pada 20
Maret 2014, Pukul 23:10 sebanyak 32 mahasiswa yang aktif menjawab dan 9
mahasiswa belum menjawab diskusi tersebut. Belum diketahui alasan yang pasti
dari 22% mahasiswa yang tidak mengikuti forum, berbagai kemungkinan bisa saja
terjadi. Seperti :
- Mungkin belum tersedianya koneksi internet.
- Atau memang belum ada kesadaran dari mahasiswa tersebut untuk bergegas menjawab pertanyaan dari FGD ini.
- Bahkan bisa juga mahasiswa tersebut tidak ada informasi sehingga dia tidak mengetahui adanya pertanyaan baru.
- Apalagi jika mahasiswa tersebut sedang sakit, dan tidak bisa menjawab sesuai waktu yang ditetapkan.
Lalu bisa dilihat dari hasil survei di atas banyak mahasiswa yang menjawab YES &
NO sebanyak 18 mahasiswa, sedangkan NO 9 mahasiswa dan YES 4 mahasiwa, tetapi
ada saja mahasiswa yang nampaknya masih ragu-ragu dengan analisanya mengenai
FGD DIP ini apakah inovasi atau tidak. Mengapa hal tersebut bisa terjadi?????
Menurut pendapat saya sendiri “YES & NO” karena, FGD DIP
ini termasuk invovasi dalam mata kuliah ini, karena menciptakan pembelajaran
baru dengan penggunaan media FB untuk Diskusi antara mahasiswa dengan dosen
yang bisa diakses sambil buka FB profil pribadi dll, serta hasil diskusi
teman" dan saya masih terekap jelas untuk pemahaman kembali pengetahuan,
jika di review dari diskusi awal sampai saat ini. Kenapa saya juga bisa bilang
NO? karena FGD di FB sudah sering saya ikuti saat saya SMK.
Jadi, hasil survei dari forum diskusi DIP dengan perbedaan hanya menjawan YES
atau ada hanya yang menjawab NO dan ada pula yang menjawab YES & NO,
membuktikan bahwa banyak perbedaan pendapat dari teman-teman yang aktif dalam
forum diskusi DIP tersebut.
B. D. KESIMPULAN
Inovasi dapat dibuat jika terdapat
masalah yang harus diselesaikan dan masalah yang timbul bisa saja terjadi dari
hal yang tidak kita duga. Adanya forum Facebook DIP ini menambahkan
suatu inovasi baru bagi suatu pemecahan masalah dalam pembelajaran di masa
depan. Lalu mahasiswa dapat juga menunjukan keaktifannya di forum tersebut. Keaktifan
yang diciptakan mungkin memang belum terasa adanya. Apabila terjadi
permasalahan koneksi internet, di jaman sekarang bukanlah hal sulit, jika
memang kita tidak ada koneksi dirumah ataupun tempat kost, masih ada banyak
warung internet yang bisa kita temukan. Untuk kedepannya semoga forum DIP
memiliki manfaat yang berkelanjutan tidak hanya untuk mahasiswa yang mengambil
mata kuliah DIP saja tetapi untuk seterusnya dapat dirasakan manfaat dari forum
group discussion ini.
C. E. DAFTAR PUSTAKA
Rogers, Everett M. Diffusion of
Innovation. New York: The Free Press, 1993.
https://www.facebook.com/groups/609115625823877/
0 komentar:
Posting Komentar