Dosen pengampu : Bpk. Cecep Kustandi, M.Pd.
BAB I
PENDAHULUAN
A.
LatarBelakang
Perubahanpastiterjadidalamsetiapwaktunya.Ada
perubahan yang bersifatpositifdanadajuga yang bersifatnegatif.Selainitu, sebuahperubahanjugasecaragarisbesarbersifatmaju
(berkembang).Terutamaperubahandalambidangteknologi,
khususnyateknologiinformasidankomunikasi.
Teknologisampaisaatinitelahmengalamiperkembangan
yang sangatpesathinggamunculsebuahistilah yang umumdikenaldengansebutan
“globalisasi”.Globalisasiitusendirikitapahamisebagaisuatu proses yang
cepatdanberdampakdalamskala global. Otomatis, sebuah proses
semacaminiakanmembentuksuatulingkungandanwadahnyasendiri yang
dikenaldenganlingkunganteknologi.
B.
RumusanMasalah
1. Apa
yang
menjadiintiketerkaitanantaraglobalisasidanterbentuknyasebuahlingkunganteknologi?
2. Kenapafenomenaglobalisasibaruterjadibeberapadekadebelakanganini?
3. Bagaimanacaranyauntukmemanfaatkanfenomenaglobalisasisecarapositifdalamlingkunganteknologi?
C.
Tujuan
1. Mengetahuikolerasidanketerkaitanantarafenomenaglobalisasidanterbentuknyasuatulingkunganteknologi.
2. Memahamilatarbelakangmunculnya
era globalisasi.
3. Mampumengikutiperkembanganteknologidanmemanfaatkaninstrumen-instrumenteknologisecarabijakdalamlingkunganteknologikhususnyateknologipendidikan.
BAB II
PEMBAHASAN
Teknologiitupadahakikatnyabersifatmempermudah,
mempercepatdanmengefektifkansegalajenispekerjaan.Dengan sarana dan prasarana (hardware, software, useware) yang sedemikian modern itulahkita dapat melihat dan memperoleh informasitentang berbagai peristiwa diseluruhpenjuru dunia dalam waktu singkat kapanpun dan dimanapun.
Proses globalisasi
muncul karena adanya perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan komunikasi.
Perkembangan teknologi sangat diterima baik oleh setiap bangsa dan negara
sehingga memungkinkan terjadinya perubahan teknologi. Arus globalisasi yang
terjadi di dunia jelas memberikan aspek positif dan negatif. Namun respon kita
terhadap globalisasi di lingkungan teknologi ini harus kita lihat sebagai
peluang dan di satu sisi sebagai tantangan. Dengan perkembangan ilmu
pengetahuan dan teknologi inilahkitawajibuntuk meningkatkan wawasan kita. Alangkah baiknya jika kita
dapat memanfaatkan keadaan ini untuk memacu kreatifitas dan menghasilkan karya melalui berbagai infrastruktur ilmu pengetahuan
dan teknologi yang ada. Bukan malah menjadi korban dari kemajuan teknologi.Kemudian,
kita juga wajib mempersiapkan diri untuk lebih selektif terhadap kemajuan
teknologi (globalisasi) yang ada, agar kita dapat menghindari aspek negatif yang
berpotensi timbul.
Teknologiitumemberikanbanyakpandanganterhadapberbagaigolonganmasyarakat.Sebagianbesarmemandangteknologisebagaisuatukemajuan,
namunadajugasebagiankecilgolongan yang menganggapnyatabu.Sebagaicontoh, adasekelompokpenduduk
di pedalamanmenutupdiridariinformasi-informasiluar yang masukkelingkungan
(kehidupan) mereka, daninitentunyadikarenakananggapanmereka yang
menilaibahwateknologiitusesuatu yang
burukbagikehidupanmereka.Berbandingterbalikdengansebagianbesar orang sekarang,
merekamenganggapbahwateknologiitusangatpentingbagihidupdankehidupanmerekahinggaada
di antaramereka yangmemilikiketergantunganterhadapkemajuanteknologi.
Sebagai orang yang berpendidikan,
kitaharusbijakdanpintardalammemanfaatkanteknologi.Jangansampaiteknologi yang
seharusnyamemudahkankita (manusia), malahberbalikmenyusahkankita.Agar
haltersebuttidakterjadi, kitaharusmemilikipengetahuandasartentangteknologi,
kemampuandasardalammenggunakanperangkatteknologi, dan yang
tidakkalahpentingadalahkebijaksanaandalammemanfaatkanteknologiitusendiri.Kebijaksanaantersebutperlu
agar partisipasikita di lingkunganteknologitidakmenganggu, merugikan,
ataumalahmengancamkebaradaanuser
lain. Mereka yang
tidakmemilikikebijaksanaandalammemanfaatkanteknologibiasakitakenaldenganpenjahatcyber yang
mengancaminformasi-informasipentingdanpribadikitamelalui media internet atau
media-media teknologilainnya.
Kehidupanmanusia
di masadepan akanbanyakbergantungkepadateknologi.
Era globalisasipastiakanmemberikanpeningkatandanperubahan yang
lebihbesardalambidangteknologi. Bidangteknologi yang
sangatcepatperkembangannyasaatiniadalahteknologiinformasi dan komunikasi.Teknologiinformasi dan komunikasi (TIK) yang
kiniberkembangamatpesat, takbisadipungkirimemberikankontribusi yang
signifikanterhadapseluruh proses globalisasiini.
Adapun konsep globalisasi menurut pendapat para ahli :
Malcom Waters
Globalisasi
adalah sebuah proses sosial yang berakibat bahwa pembatasan geografis
pada keadaan sosial budaya menjadi kurang penting, yang terjelma didalam kesadaran orang.
Emanuel Ritcher
Globalisasi
adalah jaringan kerja global secara bersamaan menyatukan masyarakat
yang sebelumnya terpencar-pencar dan terisolasi kedalam saling ketergantungan dan persatuan
dunia.
Thomas L. Friedman
Globlisasi
memiliki dimensi ideology dan teknlogi. Dimensi ideology yaitu kapitalisme dan
pasar bebas, sedangkan dimensi teknologi adalah teknologi informasi yang telah menyatukan
dunia.
Princenton N. Lyman
Globalisasi
adalah pertumbuhan yang sangat cepat atas saling ketergantungan dan
hubungan antara Negara-negara didunia dalam hal perdagangan dankeuangan.
Leonor Briones
Demokrasi
bukan hanya dalam bidang perniagaan dan ekonomi namun juga mencakup
globalisasi institusi-institusi demokratis, pembangunan sosial, hak asasi manusia, dan pergerakan
wanita.
Perkembangan dunia teknologi informasi yang sedemikian
pesat telah membawa manfaat luar biasa bagi kehidupan manusia.Dengan terjadinya
perubahan pada kehidupan masyarakat ke arah yang modern pastinya akan
menimbulkan dampak yang beragam terutama pada aspek sosial. Contohnya dengan
hadirnya modernisasi disegala bidang kehidupan, dapat menimbulkan sifat ingin
serba mudah dan gampang (instan) pada diri seseorang. Tidak terbatasnya
kemajuan yang ada memungkinkan manusia dapat dengan mudah berinteraksi dengan
manusia lainnya di belahan dunia lain dan kemudian menyebabkan masyarakat
menjadi kritis serta tanggap terhadap berbagai hal yang berkembang.
Di
satusisi, teknologimemilikikeuntunganbagi orang yang
menggunakannya.Misalkansajadalamhalberbagiinformasi, kita (mahasiswa)dapatmengaksesinformasiduniadengancepatdanmudah,
sehinggakitadapatmenyadaribahwaduniaseakanberada
di genggamankita.Ini merupakan suatuakses yang
tentunyaakanmemperkayakitadengansegudanginformasi
yang dapatmemacumotivasikitauntukmeningkatkankreativitas,
khususnyadalambidanginformatika.
Terlebih, seperti yang kita ketahui bahwa teknologi informasi dan komunikasi
kini telah masuk ke dalam kurikulum dunia pendidikan.Denganadanyahaltersebut,
makakita sudah seharusnyasenantiasamenghidupkandanmenyalurkansemangatuntukmengeksplorasiilmu
yang belumdiketahui untuk memudahkan
proses dalam belajar.
Namun
di sampingsemuaitu,kenyataan juga membuktikanbahwa
era teknologiinformasidankomunikasimendatangkanberbagai masalah dan hal negatif. Misalkan saja akibat darikemajuanpesatteknologimeningkatkanperistiwakejahatankomputer seperti hacker, cracker,
pornografi, terorisme, “perang” informasisampahdansebagainya.Takdapatjugadipungkiribahwadampaknegatifdariteknologiinformasisangatdirasakanolehkaumpelajar.Banyaknyapelajar
yang terlenadenganfasilitas website hiburandariteknologiinformasisepertifacebook,
twitter, chattingdansebagainya,membuatmerekamenyampingkankewajibannya,
bahkanmerekamenjadikanhaltersebutsebagaihobi yang
dilakukantanpamengenalwaktu.Konsekuensinya,
parapelajarakanmenjadimalasdansemakinmembutakankesadaranmerekatentang manfaat yang sesungguhnya dari teknologi itu
sendiri.
Perlu kita ketahui
juga, bahwa teknologi itu luas hingga dapat terbentuk sebuah lingkungan
teknologi dan lingkungan teknologi itu sendiri merupakan kondisi dimana adanya
sarana dan prasarana berupa :
A. Proses
untukmeningkatkanefektifitasdanproduktifitasdalamsetiapusaha,
B. Sumber
yang dikembangkandandimanafaatkandalam proses,
C. Sistem
yang menjaditolakukuruntukmencapaitujuan.
Di
dalamlingkunganteknologitersebutjugahadir yang kitakenaldenganteknologipendidikan.Teknologipendidikaniniberkembangdenganmemanfaatkansegalabenefitdarikemajuanglobalisasidanteknologipadaumumnya.
Pemanfaatannya pun tentunyalebihterfokuspadabidangpendidikan.
Kita
memahamibahwadenganteknologisemuabisamenjadilebihmudah, lebihcepat,
lebihefektif,
efisiendansebagainya.Denganpemahamaninilahkitaberharapdanterusberusaha agar
bidangteknologipendidikanmampumenjadisemakinbaikdisetiapwaktunyauntukmenjadikanpesanpendidikansampaikepadapenerimanya
(siswa, mahasiswa, dan lain-lain).
Dalamlingkunganteknologipendidikandikenalistilah“Problem-Based Learning”
(Pembelajaranberbasispemecahanmasalah).Metodeiniterbuktiefektifdalammerangsangpikirankitauntukmenggali
ide
dangagasandalammemecahkanmasalahtersebut.Jiwakompetisikitatimbuldenganadanyakeinginanuntukdapatlebihdulumenemukansolusipemecahanmasalah
yang adadari orang lain.
Lingkunganteknologipadahakekatnyatidakmunculbegitusaja.Suatu
proses telahdilewatiolehbidangtersebut demi mendapattempat yang kokoh di
hatimasyarakat. Desain yang disajikanolehbidangtersebutlah yang
menjadikannyaterkesan familiar
dandibutuhkan.Munculnyateknologipendidikanitujugadiharapkanmemberikankesan yang
sama. Denganembel-embelteknologidanjuga di era globalisasiini,
kehadiranteknologipendidikantelahmenjadisatutitikpenting di
dalamlingkunganteknologiberbasispendidikan
BAB III
KESIMPULAN
1.
Globalisasimerupakanfenomena
yang sulitterpisahkandarikita di era yang serba digital ini.
2.
Didukungdengankemajuanteknologi
yang sangatpesat, kitawajibmemanfaatkanmomenini (globalisasi)untukmenambahilmupengetahuangunamemperluaswawasankita.
3.
Kemajuanteknologisekarangjugatelahmembentuksuatulingkunganteknologidenganberbagaisaranadanpra-sarana
yang adadanbisakitagunakanuntukberbagaimacamkepentingan.
4.
Globalisasidanlingkunganteknologiterkaiteratdanberiringandalammemajukanperadaban
di duniainimelaluiteknologiitusendiri.
DAFTAR PUSTAKA
Miarso, Yusufhadi (2004).
MenyemaiBenihTeknologiPendidikan. Jakarta:
PustekkomDiknasbersamaPrenada Media
Hmelo-Silver,Cindy
E. (2004).Problem-Based Learning: What
and How Do
Students
Learn?,16 Educ.Psychol. Rev. 235, 236
3 komentar:
izin copy untuk tugas
Untuk copy.. silahkan cantumkan sumber ya..
#budayakansumberpemikirankaryaoranglain
terimakasih
Posting Komentar