Mengenai Saya

Hitung

Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

MAKALAH "GLOBALISASI dan LINGKUNGAN TEKNOLOGI"


Dosen pengampu : Bpk. Cecep Kustandi, M.Pd.
 

BAB I
PENDAHULUAN

A.    LatarBelakang

Perubahanpastiterjadidalamsetiapwaktunya.Ada perubahan yang bersifatpositifdanadajuga yang bersifatnegatif.Selainitu, sebuahperubahanjugasecaragarisbesarbersifatmaju (berkembang).Terutamaperubahandalambidangteknologi, khususnyateknologiinformasidankomunikasi.

Teknologisampaisaatinitelahmengalamiperkembangan yang sangatpesathinggamunculsebuahistilah yang umumdikenaldengansebutan “globalisasi”.Globalisasiitusendirikitapahamisebagaisuatu proses yang cepatdanberdampakdalamskala global. Otomatis, sebuah proses semacaminiakanmembentuksuatulingkungandanwadahnyasendiri yang dikenaldenganlingkunganteknologi.

B.     RumusanMasalah

1.      Apa yang menjadiintiketerkaitanantaraglobalisasidanterbentuknyasebuahlingkunganteknologi?
2.      Kenapafenomenaglobalisasibaruterjadibeberapadekadebelakanganini?
3.      Bagaimanacaranyauntukmemanfaatkanfenomenaglobalisasisecarapositifdalamlingkunganteknologi?



C.    Tujuan

1.      Mengetahuikolerasidanketerkaitanantarafenomenaglobalisasidanterbentuknyasuatulingkunganteknologi.
2.      Memahamilatarbelakangmunculnya era globalisasi.
3.      Mampumengikutiperkembanganteknologidanmemanfaatkaninstrumen-instrumenteknologisecarabijakdalamlingkunganteknologikhususnyateknologipendidikan.




BAB II
PEMBAHASAN

Teknologiitupadahakikatnyabersifatmempermudah, mempercepatdanmengefektifkansegalajenispekerjaan.Dengan sarana dan prasarana (hardware, software, useware) yang sedemikian modern itulahkita dapat melihat dan memperoleh informasitentang berbagai peristiwa diseluruhpenjuru dunia dalam waktu singkat kapanpun dan dimanapun.

Proses globalisasi muncul karena adanya perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan komunikasi. Perkembangan teknologi sangat diterima baik oleh setiap bangsa dan negara sehingga memungkinkan terjadinya perubahan teknologi. Arus globalisasi yang terjadi di dunia jelas memberikan aspek positif dan negatif. Namun respon kita terhadap globalisasi di lingkungan teknologi ini harus kita lihat sebagai peluang dan di satu sisi sebagai tantangan. Dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi inilahkitawajibuntuk meningkatkan wawasan kita. Alangkah baiknya jika kita dapat memanfaatkan keadaan ini untuk memacu kreatifitas dan menghasilkan karya melalui berbagai infrastruktur ilmu pengetahuan dan teknologi yang ada. Bukan malah menjadi korban dari kemajuan teknologi.Kemudian, kita juga wajib mempersiapkan diri untuk lebih selektif terhadap kemajuan teknologi (globalisasi) yang ada, agar kita dapat menghindari aspek negatif yang berpotensi timbul.

Teknologiitumemberikanbanyakpandanganterhadapberbagaigolonganmasyarakat.Sebagianbesarmemandangteknologisebagaisuatukemajuan, namunadajugasebagiankecilgolongan yang menganggapnyatabu.Sebagaicontoh, adasekelompokpenduduk di pedalamanmenutupdiridariinformasi-informasiluar yang masukkelingkungan (kehidupan) mereka, daninitentunyadikarenakananggapanmereka yang menilaibahwateknologiitusesuatu yang burukbagikehidupanmereka.Berbandingterbalikdengansebagianbesar orang sekarang, merekamenganggapbahwateknologiitusangatpentingbagihidupdankehidupanmerekahinggaada di antaramereka yangmemilikiketergantunganterhadapkemajuanteknologi.

Sebagai orang yang berpendidikan, kitaharusbijakdanpintardalammemanfaatkanteknologi.Jangansampaiteknologi yang seharusnyamemudahkankita (manusia), malahberbalikmenyusahkankita.Agar haltersebuttidakterjadi, kitaharusmemilikipengetahuandasartentangteknologi, kemampuandasardalammenggunakanperangkatteknologi, dan yang tidakkalahpentingadalahkebijaksanaandalammemanfaatkanteknologiitusendiri.Kebijaksanaantersebutperlu agar partisipasikita di lingkunganteknologitidakmenganggu, merugikan, ataumalahmengancamkebaradaanuser lain. Mereka yang tidakmemilikikebijaksanaandalammemanfaatkanteknologibiasakitakenaldenganpenjahatcyber yang mengancaminformasi-informasipentingdanpribadikitamelalui media internet atau media-media teknologilainnya.

Kehidupanmanusia di masadepan akanbanyakbergantungkepadateknologi. Era globalisasipastiakanmemberikanpeningkatandanperubahan yang lebihbesardalambidangteknologi. Bidangteknologi yang sangatcepatperkembangannyasaatiniadalahteknologiinformasi dan komunikasi.Teknologiinformasi dan komunikasi (TIK) yang kiniberkembangamatpesat, takbisadipungkirimemberikankontribusi yang signifikanterhadapseluruh proses globalisasiini.




Adapun konsep globalisasi menurut pendapat para ahli :
Malcom Waters
Globalisasi adalah sebuah proses sosial yang berakibat bahwa pembatasan geografis pada keadaan sosial budaya menjadi kurang penting, yang terjelma didalam kesadaran orang.
 Emanuel Ritcher 
Globalisasi adalah jaringan kerja global secara bersamaan menyatukan masyarakat yang sebelumnya terpencar-pencar dan terisolasi kedalam saling ketergantungan dan persatuan dunia.
Thomas L. Friedman
Globlisasi memiliki dimensi ideology dan teknlogi. Dimensi ideology yaitu kapitalisme dan pasar bebas, sedangkan dimensi teknologi adalah teknologi informasi yang telah menyatukan dunia.
Princenton N. Lyman
Globalisasi adalah pertumbuhan yang sangat cepat atas saling ketergantungan dan hubungan antara Negara-negara didunia dalam hal perdagangan dankeuangan.
Leonor Briones
Demokrasi bukan hanya dalam bidang perniagaan dan ekonomi namun juga mencakup globalisasi institusi-institusi demokratis, pembangunan sosial, hak asasi manusia, dan pergerakan wanita.
Perkembangan dunia teknologi informasi yang sedemikian pesat telah membawa manfaat luar biasa bagi kehidupan manusia.Dengan terjadinya perubahan pada kehidupan masyarakat ke arah yang modern pastinya akan menimbulkan dampak yang beragam terutama pada aspek sosial. Contohnya dengan hadirnya modernisasi disegala bidang kehidupan, dapat menimbulkan sifat ingin serba mudah dan gampang (instan) pada diri seseorang. Tidak terbatasnya kemajuan yang ada memungkinkan manusia dapat dengan mudah berinteraksi dengan manusia lainnya di belahan dunia lain dan kemudian menyebabkan masyarakat menjadi kritis serta tanggap terhadap berbagai hal yang berkembang.
            Di satusisi, teknologimemilikikeuntunganbagi orang yang menggunakannya.Misalkansajadalamhalberbagiinformasi, kita (mahasiswa)dapatmengaksesinformasiduniadengancepatdanmudah, sehinggakitadapatmenyadaribahwaduniaseakanberada di genggamankita.Ini merupakan suatuakses yang tentunyaakanmemperkayakitadengansegudanginformasi yang dapatmemacumotivasikitauntukmeningkatkankreativitas, khususnyadalambidanginformatika. Terlebih, seperti yang kita ketahui bahwa teknologi informasi dan komunikasi kini telah masuk ke dalam kurikulum dunia pendidikan.Denganadanyahaltersebut, makakita sudah seharusnyasenantiasamenghidupkandanmenyalurkansemangatuntukmengeksplorasiilmu yang belumdiketahui untuk memudahkan proses dalam belajar.
            Namun di sampingsemuaitu,kenyataan juga membuktikanbahwa era teknologiinformasidankomunikasimendatangkanberbagai masalah dan hal negatif. Misalkan saja akibat darikemajuanpesatteknologimeningkatkanperistiwakejahatankomputer seperti hacker, cracker, pornografi, terorisme, “perang” informasisampahdansebagainya.Takdapatjugadipungkiribahwadampaknegatifdariteknologiinformasisangatdirasakanolehkaumpelajar.Banyaknyapelajar yang terlenadenganfasilitas website hiburandariteknologiinformasisepertifacebook, twitter, chattingdansebagainya,membuatmerekamenyampingkankewajibannya, bahkanmerekamenjadikanhaltersebutsebagaihobi yang dilakukantanpamengenalwaktu.Konsekuensinya, parapelajarakanmenjadimalasdansemakinmembutakankesadaranmerekatentang manfaat yang sesungguhnya dari teknologi itu sendiri.
Perlu kita ketahui juga, bahwa teknologi itu luas hingga dapat terbentuk sebuah lingkungan teknologi dan lingkungan teknologi itu sendiri merupakan kondisi dimana adanya sarana dan prasarana berupa :
A.    Proses untukmeningkatkanefektifitasdanproduktifitasdalamsetiapusaha,
B.     Sumber yang dikembangkandandimanafaatkandalam proses,
C.     Sistem yang menjaditolakukuruntukmencapaitujuan.

Di dalamlingkunganteknologitersebutjugahadir yang kitakenaldenganteknologipendidikan.Teknologipendidikaniniberkembangdenganmemanfaatkansegalabenefitdarikemajuanglobalisasidanteknologipadaumumnya. Pemanfaatannya pun tentunyalebihterfokuspadabidangpendidikan.

Kita memahamibahwadenganteknologisemuabisamenjadilebihmudah, lebihcepat, lebihefektif, efisiendansebagainya.Denganpemahamaninilahkitaberharapdanterusberusaha agar bidangteknologipendidikanmampumenjadisemakinbaikdisetiapwaktunyauntukmenjadikanpesanpendidikansampaikepadapenerimanya (siswa, mahasiswa, dan lain-lain).

            Dalamlingkunganteknologipendidikandikenalistilah“Problem-Based Learning” (Pembelajaranberbasispemecahanmasalah).Metodeiniterbuktiefektifdalammerangsangpikirankitauntukmenggali ide dangagasandalammemecahkanmasalahtersebut.Jiwakompetisikitatimbuldenganadanyakeinginanuntukdapatlebihdulumenemukansolusipemecahanmasalah yang adadari orang lain.
            Lingkunganteknologipadahakekatnyatidakmunculbegitusaja.Suatu proses telahdilewatiolehbidangtersebut demi mendapattempat yang kokoh di hatimasyarakat. Desain yang disajikanolehbidangtersebutlah yang menjadikannyaterkesan familiar dandibutuhkan.Munculnyateknologipendidikanitujugadiharapkanmemberikankesan yang sama. Denganembel-embelteknologidanjuga di era globalisasiini, kehadiranteknologipendidikantelahmenjadisatutitikpenting di dalamlingkunganteknologiberbasispendidikan



BAB III
KESIMPULAN

1.      Globalisasimerupakanfenomena yang sulitterpisahkandarikita di era yang serba digital ini.
2.      Didukungdengankemajuanteknologi yang sangatpesat, kitawajibmemanfaatkanmomenini (globalisasi)untukmenambahilmupengetahuangunamemperluaswawasankita.
3.      Kemajuanteknologisekarangjugatelahmembentuksuatulingkunganteknologidenganberbagaisaranadanpra-sarana yang adadanbisakitagunakanuntukberbagaimacamkepentingan.
4.      Globalisasidanlingkunganteknologiterkaiteratdanberiringandalammemajukanperadaban di duniainimelaluiteknologiitusendiri.



DAFTAR PUSTAKA

Miarso, Yusufhadi (2004). MenyemaiBenihTeknologiPendidikan. Jakarta:
PustekkomDiknasbersamaPrenada Media
Hmelo-Silver,Cindy E. (2004).Problem-Based Learning: What and How Do
Students Learn?,16 Educ.Psychol. Rev. 235, 236

http://putriperdani.blogspot.com/2011/11/menyemai-benih-teknologi-pendidikan.html

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

3 komentar:

Firdani Danang Prakoso mengatakan...

izin copy untuk tugas

Fenny Fenhesia mengatakan...

Untuk copy.. silahkan cantumkan sumber ya..
#budayakansumberpemikirankaryaoranglain

arianda rizki mengatakan...

terimakasih

Posting Komentar