Mengenai Saya

Hitung

Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

Pengantar Komunikasi Visual



Resume Buku James Potter (2005). Ch.2. Defining Media Literacy.


            Literasi media adalah kemampuan untuk mengakses, menganalisis, mengevaluasi, dan mengkomunikasikan isi pesan media. Bagaimana mengekspos diri kepada media dan menafsirkan makna dari pesan yang kita hadapi. Fokus utamanya adalah yang berkaitan dengan isi pesan media. Dimana kita harus tahu bagaimana cara membaca dan memahami isi pesan media, supaya kita bisa mendapatkan banyak masukan dari media tersebut.
            Pengetahuan didasarkan pada tingkat keterampilan dan pengalaman, karena orang bervariasi pada keterampilan dan pengalaman, mereka akan bervariasi pada jumlah dan kualitas struktur pengetahuan mereka. Oleh karena itu akan ada variasi besar dari media literacy di masing-masing orang.
            Tapi, banyak juga orang-orang yang beroperasi pada tingkat yang lebih rendah dari media literacy yang lemah dan terbatas pada media. Mereka mempunyai lebih kecil, lebih dangkal, dan struktur pengetahuan yang kurang terorganisir. Mereka pun tidak mengetahui untuk digunakan dalam menafsirkan makna pesan media. Orang-orang juga terbiasa enggan atau tidak mau untuk menggunakan keterampilan mereka.
            Media literacy pun mengharuskan kita memperoleh informasi dan membangun pengetahuan sendiri. Struktur pengetahuan harus didasarkan pada :
-          Domain Emosional
            Kita harus mampu bagaimana menganalisis pesan media, tidak hanya sekedar membaca, tetapi ada tanggapan yang dapat mencari tahu lagi pesan media tersebut. Apakah sikap kita dalam isi media tersebut dan bagaimana reaksi kita. Itu yang sebenarnya diperlukan agar kita tidak cuek dengan isi media tersebut.
-          Domain Estetika
Informasi tentang bagaimana menghasilkan pesan dan membuat penilaian dari pesan media tersebut.
-          Domain Moral
Informasi tentang nilai-nilai, dimana informasi yang diberikan dapat kita evaluasi isi pesannya dengan penilaian tentang benar dan salah. Semakin dalam kita bisa merasakan nilai-nilai yang mendasari pesan di media.
           
            Jadi, struktur pengetahuan sangat penting untuk membangun pengetahuan kita dan dapat mengapresiasikan kembali pesan media tersebut.
            Tujuan dari literasi media adalah untuk memberdayakan seseorang mengontrol program media yang mereka inginkan, dapat berinteraksi dengan pesan media dan membangun makna sendiri dari pesan media. Caranya dengan membatasi pilihan media dan memperkuat pengalaman masa lalu tentang media.
Banyak yang dapat dilakukan untuk mengurangi pengaruh program media, diantaranya, ketahui dahulu tujuan Anda dalam pemakaian media, perkuat informasi Anda dengan keterampilan pengolahan dan hati-hati membangun struktur pengetahuan daripada menerima makna penyampaian yang disajikan oleh media berulang kali. Dengan begitu membangun strategi sendiri untuk meningkatkan literasi media Anda.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar