Mengenai Saya

Hitung

Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

TP




LANDASAN TEORI
Perkembangan Teknologi Informasi


Teknologi informasi adalah seperangkat alat yang membantu manusia bekerja dengan informasi dan melakukan tugas-tugas yang berhubungan dengan pemrosesan informasi (Haag dan Keen, 1996). Teknologi Informasi dibuat untuk mempermudah manusia dalam bertukar informasi. Pada awalnya teknologi ini digunakan sebagai pengganti penyampaian informasi secara manual dari mulut kemulut. Dengan berkembangnya ilmu pengetahuan maka teknologi informasi ini mampu menyampaikan informasi dengan kapasitas yang banyak, cepat serta dapat disimpan dalam waktu yang lama.
Menurut Martin (1999), Teknologi informasi tidak hanya terbatas pada teknologi komputer (perangkat keras dan perangkat lunak) yang akan digunakan untuk memproses dan menyimpan informasi, melainkan juga mencakup teknologi komunikasi untuk mengirim/menyebarkan informasi. Pendapat ini juga sama halnya seperti yang jelaskan oleh Williams dan Sawyer (2003), bahwa teknologi informasi adalah teknologi yang menggabungkan komputer dengan jalur komunikasi kecepatan tinggi yang membawa data, suara, dan video.
Namun ada perbedaan pengertian jika melihat secara lebih rinci dari sudut pandang teknologi komunikasi. Jika melihat pada pengertian teknologi komunikasi yaitu segala hal yang berkaitan dengan penggunaan alat bantu untuk memproses dan mentransfer data dari perangkat yang satu kelainnya. Dari definisi tersebut dapat disebutkan bahwa teknologi informasi erat kaitannya dengan teknologi yang mempunyai kesamaan dalam penyampaian informasi, pemrosesan, manipulasi, pengelolaan dan transfer informasi antar media.
Saat ini teknologi informasi dan komunikasi telah berkembang hingga dapat menghubungkan antara beberapa media seperti televisi, komputer, telepon selular dan banyak lagi. Seperti halnya komputer saat ini telah dapat terhubung antara komputer satu dengan komputer lainnya berkat adanya jaringan internet.
Menurut kalakota (1997) yang dikutip oleh Dennis Darmawan, internet merupakan suatu jaringan dari banyak jaringan, yang menghubungkan komputer-komputer diseluruh dunia. Munculnya internet ini tak lepas dari kebutuhan akan telekomunikasi dan informasi yang mampu disampaikan dengan cepat. Drew Heywood (1996) menerangkan sejarah internet bermula pada akhir dekade 60-an saat United States Department of Defense (DoD) memerlukan standar baru untuk komunikasi Internet working. Standar tersebut digunakan untuk menghubungkan beberapa universitas, kontraktor militer dan badan penelitian.
Mengetahui akan pentingnya jaringan komunikasi maka pada tahun 1969 dibentuklah badan yang mengkhususkan penelitian pada jaringan internet yaitu ARPANET. Semenjak itulah jaringan internet semakin berkembang hingga dapat menghubungkan beberapa komputer yang terdapat di universitas inggris dan norwegia.
Berkembangnya teknologi informasi di barat ini juga berpengaruh terhadap Indonesia. Di Indonesia internet mulai masuk sekitar tahun 90-an yang dahulunya hanya digunakan oleh beberapa golongan saja. Namun untuk beberapa tahun terakhir internet telah dapat diakses oleh hampir setiap belahan wilayah Indonesia.
Internet memiliki beberapa fasilitas yang mempermudah manusia untuk berkomunikasi dan menemukan informasi. Fasilitas tersebut antara lain browsing, email, mailing list, inter relay chat, teleconference, news group, file transfer protocol, internet telephony, internet fax.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar